24 December 2008

Sabda Sang Nabi

Al Mustafa, Sang Nabi bersabda:
"Kalian bekerja agar dapat seiring dengan langkah dunia, serta langkah-langkah alam raya."

"Ketika bekerja, kalian bagaikan sepucuk seruling yang menjadi jalan bagi bisikan waktu untuk menjelma menjadi lagu. Siapakah yang mau menjadi ilalang dungu nan bisu, ketika semesta raya melagukan tembang kemenangan?"



"Walau orang berkata bahwa kerja adalah kutukan, dan kesusahan adalah nasib yang tak terusikan, Aku berpendapat bahwa ketika bekerja, kalian sedang memenuhi puncak-puncak impian jagad raya, yang akan dianugerahkan kepada para pekerja keras saat semua mimpi itu terwujud. Dengan menyibukkan diri dalam kerja, demikianlah kalian mencintai kehidupan itu sendiri.Mencintai kehidupan melalui kerja, adalah menyelami rahasia hidup terdalam."

"Meski orang berujar bahwa hidup adalah kegelapan, dan dalam keletihan kalian selalu menirukan segala ucapan orang yang kelelahan. Benar adanya bila tanpa hasrat, keinginan dan impian, hidup adalah kegelapan. Semua hasrat, keinginan dan impian adalah buta, jika tidak disertai pula dengan pengetahuan. Sementara pengetahuan sendiri hanya akan berujung pada kekosongan semata, bila tak kau amalkan, tak kau bagikan kepada sesama, tak kau wujudkan dalam kerja."

"Setiap pekerjaan adalah kesia-siaan bila tiada cinta di dalamnya. Bekerja dengan cinta, saat kontempasi diri sendiri, bersatunya jiwa dan ragamu sendiri, menjadi dirimu seutuhnya, bersatu dengan orang dan lingkungan sekitarmu, bersatu dengan Sang Khalik, Sang Maha.."

"Angin tidak lebih syahdu ketika berlarian disela pepohonan raksasa dalam hutan nan lebat, pun ketika berayun lembut di sela rerumputan padang sabana. Kerja adalah cinta yang terwujudkan. Ketika kalian merasa bahwa kerja dalah suatu keterpaksaan dan tiada cinta didalamnya, tinggalkanlah, bersesaklah di depan pintu peribadatan, menistakan diri dan meminta-minta dari mereka yang lalu lalang disana, para pekerja yang beribadah dalam kerja dengan penuh cinta, penuh keriangan, penuh suka cita."


(tribute to "HEY...!" by KLa Project)

No comments:

Post a Comment