27 December 2008

What a traffic!!

Kemacetan lalu lintas bukan hal yang aneh lagi bagi kota besar, maupun kota wisata pada musim liburan begini. Begitupun Yogyakarta. Lalu lintas yang sudah dijaga kewibawaannya oleh para Polantas (salut buat mereka... sudah bisa menahan diri tidak main tilang sekenanya..), menjadi semrawut karena terjangan kendaraan dari luar kota Yogyakarta, yang notabene bersopirkan orang nan bertingkah gumun sok menangan lan grusa-grusu..

Bunda Wikan, begitu anakku menyapanya, berkali-kali mensyukuri keputusan kita untuk menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi. "Dhuh.. enaknya naik sepeda motor.." selalu terdengar dari mulutnya bila kita berhasil melewati serombongan sepeda jengki yang selalu berbaris kesamping memenuhi jalanan, atau melampaui sebaris mobil di lampu bangjo, dan tentu saja ketika sepeda motor yang kami tunggangi berhasil meliuk-liuk di dalam gang kecil atau disela-sela mobil di jalanan.
Serasa jalan milik kita berdua, yang lain hanya numpang lewat..

Lain cerita ketika hujan tiba.. tanpa berani misuh-misuh, cukup meminggirkan sepeda motor kesayangan, mengambil mantel dan jas hujan, sambil menunggu sejenak kalau-kalau hujan akan segera reda. Saling berbagi dengan para peneduh, membuka obrolan bila perlu, siapa tahu bisa berbisnis bersama suatu hari kelak.
Senyaman itukah??

Ketika ada genangan air hujan, beberapa mobil dengan cueknya menerjang hingga menciprati sesiapapun disekelilingnya, tidak mau memberi kesempatan bagi sepeda motor, seolah raja jalanan. Para mobil tersebut terkadng lupa kalau Ali Topan adalah "Raja Jalanan" sesungguhnya, bersepeda motor. Membunyikan klakson bertalu-talu seakan ada keadaan emergency, membiarkan mesin bernyala ketika countdown timer di lampu bangjo masih di atas 30 detik, memberi tanda lampu sein ke kanan, padahal terus, dan masih banyak lagi "dosa" mobil-mobil di jalanan, belum terhitung pula asap knaalpot (awass..!! bagi pemilik mobil diesel, sering-seringlah untuk membawa mobilnya ke bengkel. Peringatan ini berlaku juga bagi para pengendara sepeda motor 2-Tak, asap knaalpot kalian tak hanya membunuh nyamuk demam berdarah, juga membunuh pengguna jalan lainnya.).

Oh My God, I shall take a good care upon others when driving my car, then... please help me..


No comments:

Post a Comment