24 December 2008

Wasser!

Akankah mendung itu menjadi hujan? Ataukah dia hanya menggantung tanpa arah, menaungi bumi dari teriknya mentari.

Sebuah proses alami, menguapnya air, berkumpul di lapisan stratosfer dalam bentuk partikel-partikel kecil, ion kata para pakar kimia, kemudian berubah menjadi kristal air, H2O, setidaknya begitu komposisi awalnya, meski terkadang ada pula unsur kimiawi lain yang turut serta. Terdorong oleh angin, terdesak oleh tekanan udara, termampatkan oleh keadaan. Sirrus & Cumulus-Nimbus; contoh hasil proses alami.
Seketika mereka jenuh, telah cukup waktu untuk bersekutu, saatnya telah tiba menghampiri sang bumi. Embun, Kremun, Gerimis, Hujan hingga Badai..
Puncak pegunungan, lembah dan ngarai, pepohonan serta padang sabana, pasir hingga bebatuan. Landasan keras dan lembut, hanya bisa menerima dengan pasrah, kedatangannya..

--- --- ---

Pada hakekatnya, air selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah, berbentuk seperti tempat yang diisi, berwarna sebagaimana pantulan cahaya dan warna disekitarnya. Terkadang air menjadi sangat dingin, hngga membeku. Terkadang juga panas menggelegak, meronta-ronta melepaskan unsur udara dari dalamnya.

Manusia yang katanya 80% berunsurkan air, selayaknya berlaku laksana air. Menjunjung tinggi hakekatnya. Membiarkan hidup mengalir, melepaskan ego ke tempat paling rendah. Merubah perilaku dan perbuatan sebagaimana lingkungan sekitarnya, mencirikan corak dan ragam kehidupan seputarnya. Tenang tanpa harus menderu, mengalirkan arus yang tak terlihat, bersikap. Bersemangat ketika suasana menghangat, menyuarakan isi nurani tanpa mengkhianatinya. Konon, isi nurani dapat terlihat, bukankah nurani adalah cahaya mata? Jendela jiwa? (Nur=Cahaya, Aini=Mata)

Wasser n (-s;O)air;Gewässer perairan; Kölnisch ~ air kelonyo(r); et. fällt ins ~, ugs. sst. dibatalkan/batal; das ~ steht j-m bis zum Hals sso. berada dl. kesulitan (keuangan) yg. mencekik; mit allen ~n gewaschen sein lihai/licik sekali; ~ lassen buang air kecil, kencing.
(Kamus Jerman Indonesia, Adolf Heuken SJ, GM.214.87.160)


"pax vobis, sicut misit me Pater, et Ego mitto vos" J.20:21

No comments:

Post a Comment